4 Kisah Nabi yang Inspiratif untuk Bacaan Sebelum Tidur Anak

Kegiatan mendongeng bisa menjadi pengalaman seru dan menyenangkan bersama anak sejak ia berusia dini. Anda bisa membacakan kisah nabi-nabi pada anak saat waktu luang untuk merespon cerita lebih aktif. Bisa pula membacakan kisah nabi pada anak agar menjadi pengantar tidur yang baik. Biarkan anak mengenal nama-nama nabi karena Anda rajin menceritakan bacaan setiap hari, ya!

Kisah nabi yang bisa Anda ceritakan pada anak 

Kisah nabi-nabi selalu menarik dibahas, tetapi Anda harus menceritakan pada anak dengan bahasa yang mudah dipahami. Sebagai pengenalan nama-nama nabi, Anda bisa memilih rekomendasi Artikel Islami untuk si kecil berikut :

  • Kisah Nabi Daud AS dan ulat kecil 

Menceritakan kisah Nabi Daud AS yang menganggap remeh si ulat kecil sampai Allah SWT memberikan izin pada ulat kecil untuk menjawab pertanyaan dalam hati sang nabi. Ternyata si ulat selalu bertasbih memuji Keesaan Allah SWT sehingga menyadarkan Nabi Daud AS yang khilaf. 

  • Kisah serigala yang beriman pada Nabi Muhammad SAW

Merupakan kisah seorang pengembara yang akhirnya beriman pada Rasulullah setelah seekor serigala memangsa salah satu domba. Berkat serigala yang mampu berbicara, si pengembara akhirnya menemui Rasulullah di Madinah dan beriman kepadanya. 

Rasul berkata bahwa hewan yang menunjukkan iman kepada Allah SWT merupakan salah satu tanda hari akhir. Dengan membacakan kisah ini, semoga anak bisa lebih paham mengenai pentingnya menyiapkan diri menghadapi hari kiamat kelak.

  • Kisah Nabi Ibrahim AS dan api

Bisa menjadi salah satu bacaan kisah nabi yang menarik saat Anda mempraktikan bagaimana Nabi Ibrahim AS harus dibakar hidup-hidup oleh kaum kafir. Ternyata Allah SWT menunjukkan tanda kekuasaan dengan membuat api menjadi dingin dan tidak melukai tubuh sang nabi. Hal ini bisa menjadi teladan untuk anak agar bisa melawan rasa takut sebab percaya Allah SWT selalu bersama hamba-Nya.

  • Kisah Nabi Musa AS dan Qorun

Kisah orang yang semula ahli ibadah berubah menjadi orang yang gila duniawi pada masa Nabi Musa AS bisa menjadi pilihan Anda. Qorun yang serakah dan pelit  akhirnya Allah SWT berikan azab di dunia agar bisa menjadi pembelajaran untuk anak sejak usia kecil. 

Anak akan belajar tentang pentingnya sedekah dan ibadah saat Allah SWT memberikan kelimpahan rahmat berupa rezeki yang lebih luas. Sebab harta bersifat titipan sehingga anak bisa ikhlas dan rela berbagi dengan orang lain yang kesusahan.

Tentu masih ada banyak kisah nabi yang bisa menjadi bacaan bagus sebelum anak pergi tidur. Menceritakan nama-nama nabi dengan kisah yang inspiratif bisa memberikan semangat, pembelajaran dan meningkatkan iman taqwa buah hati tercinta. Didik anak Anda sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan Hadist agar anak bisa menjadi pribadi yang berbakti pada orang tua, agama dan negara.