7 Cara Merawat Mobil agar Tidak Cepat Rusak

Kendaraan sebagai operasional Anda untuk melakukan perjalanan tentu perlu perawatan agar tidak mudah mengalami kerusakan. Ada perawatan yang bisa dilakukan di rumah saja dan ada juga yang harus ke bengkel khusus mobil. Berikut ini cara merawat mobil Raize yang perlu dipahami.

1.      Pengecekkan Oli

Jika Anda punya buku manual, di sana dijelaskan pengecekkan oli perlu dilakukan setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. Lantas untuk wilayah ibukota yang rawan macet, pengecekkan oli perlu disesuaikan dengan perjalanan Anda. Oli sebagai pelumas mobil perlu diperhatikan jangan sampai Anda tidak melakukan penggantian secara rutin karena bisa berisiko pada mesin.

Tanda perlu penggantian oli saat mobil sudah terasa kasar atau kondisi warna oli sudah menghitam dan encer. Gantilah oli sesuai dengan kebutuhan mobil Toyota Raize Anda dan jangan sembarangan menggunakan jenis oli.

2.      Pemeriksaan Kopling dan Rem

Perawatan mobil yang juga perlu dilakukan adalah memeriksa kopling dan remnya. Pastikan koplingnya jangan sampai mengalami uas ampas karena akan sangat berpengaruh dengan kenyamanan perpindahan gigi.

Anda akan kerepotan saat menggunakan mobil, apa lagi jika kendala ini bisa berbahaya saat berada di track tanjakan. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan penggantian rem secara rutin setiap melakukan perjalanan 20.000 km. Jika tidak diganti minyak rem dalam waktu lama akan menimbulkan karat dan korosi pada mesin mobil.

3.      Penggantian Air Radiator

Performa mobil juga didukung dengan kondisi air radiator. Anda harus memantaunya dengan cermat. Pastikan air radiator diberikan sesuai kebutuhan mobil dan jangan dibiarkan kotor. Apa lagi menggunakan air radiator tidak sesuai akan menyebabkan kerusakan pada mobil. Fungsi dari air radiator untuk membantu mendinginkan suhu mesin dan mesin menjadi lebih awet.

4.      Bahan Bakar yang Terbaik

Tips yang penting dalam merawat performa mesin mobil Raize dengan menggunakan bahan bakar beroktan tinggi atau mengikuti anjuran pabrik. Nilai oktan adalah angka besarnya tekanan yang akan diberikan bahan bakar sebelum dibakar secara spontan.

Saat nilai oktan tinggi maka bahan bakar akan lebih lambat terbakar yang fungsinya agar tidak meninggalkan sisa pembakaran yang membuat kinerja mesin terganggu. Pemakaian bahan bakar sangat mempengaruhi kinerja mesin mobil, maka penting untuk melakukan pengisian di tempat yang resmi.

5.      Perhatikan Transmisi

Perhatikan bagaimana penanganan transmisi mobil yang tepat baik manual ataupun otomatis. Cara penggunaan yang tepat akan mencegah terjadinya kerusakan pada mobil. Selain itu juga perlu memastikan kondisi air aki tidak kekeringan karena akan mengganggu kinerja transmisi mobil.

6.      Servis Rutin

Penting sekali untuk melakukan servis secara rutin supaya mobil Anda tetap sehat dan mesinnya terjaga. Lakukan servis di tempat yang memang bisa menangani tipe mobil Anda dan keahlian teknisinya sudah terpercaya.

Saat servis bisa sekalian melakukan pengecekkan kondisi ban. Jangan anggap sepele tekanan pada ban mobil mempengaruhi keamanan Anda di perjalanan. Pengisian tekanan ban juga disarankan sebulan sekali. Minta juga tukang servis untuk melakukan pengecekkan kabel dan lampu mobil. Segera lakukan penggantian jika ada kerusakan dan gunakanlah spare part yang aslinya.

7.      Kebersihan Mobil

Merawat mobil juga memperhatikan kebersihannya yang perlu dilakukan minimal seminggu sekali untuk membersihkan bagian body luar mobil. Apalagi jika Anda habis perjalanan dari luar kota yang tentu akan membuat bagian luar body mobil berdebu atau kotor.

Saat melakukan pencucian mobil sendiri di rumah gunakan sabun cuci khusus mobil dan lap yang halus agar tidak merusak catnya. Mobil juga akan terjaga kebersihannya dengan menggunakan sarung mobil agar terhindar dari lembab dan panas. Jangan lupa juga untuk membersihkan kaca mobil menggunakan cairan khusus glass cleaner.

Saat membersihkan mobil tentu juga bagian dalamnya ikut dibersihkan. Salah satunya agar kondisi jok mobil warnanya bisa tetap terjaga. Bersihkan juga kabin dan karpet mobil agar tidak tumbuh jamur.

Penting sekali untuk Anda melakukan pengecekkan aki mobil dalam perawatannya. Jangan sampai aki mobil mengalami kerusakan karena biaya penggantiannya cukup mahal apalagi untuk mobil sekelas sporty Raize ini.