Apa itu Mecobalamin dan Mengapa Saya Membutuhkan Suplemen Ini?

Mecobalamin adalah suplemen vitamin B12 yang dapat diresepkan untuk orang yang telah didiagnosis dengan anemia pernisiosa. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan saraf yang parah jika tidak diobati. Penyebab paling umum dari defisiensi Mecobalamin adalah kurangnya faktor intrinsik yang membantu memecah vitamin B12 dari sumber makanan. Risiko seseorang untuk mengembangkan defisiensi Mecobalamin meningkat seiring bertambahnya usia dan juga telah dikaitkan dengan obat-obatan tertentu seperti metformin atau inhibitor pompa proton. Suplemen Mecobalamin umumnya digunakan oleh mereka dalam penyerapan vitamin B12 dengan tingkat rendah karena penyakit atau penggunaan obat lain, biasanya diminum sekali sehari sebelum atau sesudah makan.

Orang yang tidak memiliki kemampuan untuk menyerap vitamin B12 dari makanan, karena kondisi medis atau obat-obatan seperti penghambat pompa proton, mungkin memerlukan suplemen Mecobalamin setiap hari. Umumnya suplemen ini diminum 3 kali sehari 1 kapsul dengan atau tanpa makanan. Namun, ada beberapa efek samping yang terkait dengan suplemen Mecobalamin yang dapat mencakup:

– Mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

– Batu ginjal atau batu empedu jika Mecobalamin dikonsumsi jangka panjang.

– Sesak napas dan kesulitan bernapas dapat dikaitkan dengan reaksi alergi terhadap suplemen.

– Gangguan pada kulit.

Sebelum mengonsumsi suplemen Mecobalamin, silakan berkonsultasi dengan dokter Anda karena mereka memiliki pengetahuan lengkap tentang riwayat kesehatan Anda dan dapat mengetahui kondisi apa pun yang Anda miliki yang dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk mengonsumsi suplemen ini.

Suplemen Micobalamin bisa Anda dapatkan di apotek online maupun offline. Harga Mecobalamin 500 mcg cukup terjangkau bagi seseorang yang membutuhkan suplemen ini untuk menunjang kesehatannya.

Dosis Mecobabalin

Mecobalamin diminum sebanyak 2-3 kali sehari satu kapsul dengan atau tanpa makanan.  Dosis harian yang direkomendasikan adalah 1,000mcg. Namun, beberapa orang mungkin membutuhkan hingga 2.000 mcg. Meskipun dosis di atas 2 miligram belum terbukti berbahaya, kualitas hidup dapat menurun akibat mual dan muntah yang menyertai dosis tinggi.

Efek Samping Suplemen Mecobalamin

Efek samping biasanya ringan untuk suplemen Mecobalamin. Efek samping yang paling umum adalah gangguan pencernaan seperti mual dan muntah ketika dikonsumsi dengan makan, diare, dan nafsu makan berkurang. Beberapa orang juga mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas jika mereka memiliki reaksi alergi terhadap suplemen ini.