Beli Mobil Bekas Vs Beli Mobil Baru, Mana yang Lebih Baik?

Dalam membeli sebuah kendaraan memang ada banyak hal yang patut untuk Anda pertimbangkan, apalagi jika seandainya tak ingin menyesal. Bukan lagi sekedar jenis atau tipe kendaraan seperti apa yang ingin dibeli. Melainkan juga harus melihat dari segi keuangan atau budget Anda, ini termasuk bagian yang sangat penting. Bagi mereka yang keuangannya cukup tak masalah jika seandainya ingin membeli tunai, lalu bagaimana dengan yang keuangannya kurang, maka harus kredit atau jika tidak pilih beli mobil bekas saja.

Pada dasarnya trend kendaraan ini semakin lama juga senantiasa mengalami perubahan, bahkan dalam satu tahun saja produsen bisa mengeluarkan lebih dari satu tipe kendaraan baru ke pasaran. Semakin banyak pilihannya untuk Anda bukan. Hanya saja memang sebelum membeli harus menghitung-hitung keuangan dulu. Tak jarang orang-orang yang bijak dalam mengatur masalah keuangan mereka memilih untuk tidak membeli kendaraan baru langsung di dealer, melainkan memilih untuk kredit saat karena terasa jauh lebih meringankan.

Lalu sebenarnya antara beli mobil bekas dengan membeli mobil baru, manakah yang paling menguntungkan? Berikut ini yang harus diketahui, yaitu:

  1. Kualitas kendaraan, perbedaan yang pertama tak lain adalah dari segi kualitas dari kendaraan itu sendiri bukan. Dimana memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya mobil yang masih baru berasal dari dealer memiliki performa yang masih optimal jika dibandingkan dengan kendaraan yang sudah pernah digunakan atau kendaraan second. Begitu juga jika melihat dari segi kondisi bodynya yang masih mulus, belum pernah terkena masalah apapun.
  2. Harga, perbedaan yang kedua sudah pasti adalah dari harganya, karena memang harga kendaraan baru sudah pasti lebih mahal dibandingkan dengan yang bekas, hal ini berkaitan dengan kondisinya, ditambah lagi dengan mobil baru juga dijamin garansi dan sejenisnya, tak heran jika harganya masih utuh, lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil bekas. Sedangkan pada mobil bekas semakin lama usia pakainya otomatis harus terus berkurang atau turun.
  3. Depresiasi harga, perbedaan yang lain adalah pada tingkat penurunan harga atau yang dikenal sebagai depresiasi harga, bukan sebuah rahasia lagi jika mobil atau kendaraan semakin lama harganya akan terus turun bukan. Sehingga semakin lama akan menjadi lebih murah dan murah, jika seandainya Anda membeli kendaraan baru tingkat depresiasi harganya jauh lebih tinggi dibandingkan membeli kendaraan bekas jika seandainya sudah Anda jual lagi di pasaran.
  4. Perawatan, karena memang kondisinya masih baru, performa dari mesin kendaraan tersebut juga masih optimal. Maka bukan hal yang mustahil jika seandainya perawatan jauh lebih murah, masih irit pemakaian bahan bakar juga. Anda tidak perlu terlalu sering menservice karena masalah yang dialami. Namun agak berbeda jika seandainya membeli kendaraan bekas tersebut, performa mesin akan turun seiring dengan bertambahnya usia kendaraan, hal ini secara otomatis juga akan membuat perawatannya harus lebih akif dilakukan, apalagi ketika terjadi masalah maka harus keluar biaya tambahan untuk service. Mengingat kendaraan bekas memang lebih mudah bermasalah dibandingkan dengan yang baru.

Jadi bisa pertimbangkan baik-baik ingin beli mobil bekas ataupun yang masih baru. bagi Anda yang tengah ingin mencari kendaraan bekas dengan kualitas masih bagus, tentunya juga harga miring sekarang ini mudah, karena bisa menemukannya lewat Moladin, berbagai merk mulai dari mobil mewah hingga biasa ada.