Catat Laporan Keuangan dengan BukuWarung, Permudah Pengurusan SIUP

Bagi pelaku usaha memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) sangat penting. Dengan adanya SIUP artinya Anda telah sah secara hukum memiliki kewenangan untuk membuka usaha. SIUP berbeda dengan SITUP, Anda bisa mengetahui perbedaannya melalui https://bukuwarung.com/surat-izin-tempat-usaha/.

Tiga Jenis Surat Izin Usaha Perdagangan

SIUP akan diberikan kepada para pemilik usaha dalam berbagai macam kategori. Misalnya perorangan, CV, PT, Firma, Koperasi, BUMN dan lain sebagainya. Selain itu, SIUP terdiri dari 3 jenis, yaitu.

1. SIUP kecil

Izin yang diberikan kepada pengusaha yang memiliki modal setor dan keuntungan bersih di bawah nominal Rp 200 juta. Tidak termasuk tanah dan bangunan.

2. SIUP menengah

Surat Izin yang diberikan kepada perusahaan yang nilai modal dan keuntungan bersihnya di antara Rp 200 juta sampai Rp 500 juta, terkecuali tanah dan bangunan.

3. SIUP besar

Suatu izin usaha yang dikeluarkan dan diberikan kepada perusahaan yang modal dan keuntungannya lebih dari Rp 500 juta. Jumlah kekayaan tersebut tidak termasuk tanah dan bangunan.

Prosedur Pengurusan SIUP

Sebenarnya, untuk melakukan pengurusan Surat Izin Usaha Perdagangan bisa dilakukan melalui aplikasi. Namun juga bisa melakukan pengurusan SIUP secara manual, dengan tahapan berikut ini.

1. Mengambil Surat Permohonan di Kantor Dinas Perdagangan Setempat

Pelaku usaha memang diwajibkan untuk melakukan pengurusan SIUP agar mempermudah untuk melakukan pengembangan usaha di berbagai sektor. Cara mengurusnya juga sangat mudah dengan cara mengambil surat permohonan di Kantor Dinas perdagangan di kota masing-masing.

Apabila Anda tidak bisa melakukan pengurusan SIUP secara langsung, bisa diwakilkan. Asal, harus dilengkapi dengan surat kuasa bermaterai. Namun biasanya, jika hanya mengambil formulir, bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak harus yang bersangkutan.

2. Mengisi Formulir Pendaftaran

Anda hanya perlu mengisi semua pertanyaan yang tertera pada formulir. Jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan diatas materai 10.000. Nama yang tertera pada formulir pengajuan perijinan harus sesuai dengan pemilik usaha.

Lampirkan beberapa berkas yang mendukung seperti fotokopi KTP, fotokopi NPWP, Pas photo 4×6, rincian laporan keuangan dan lain sebagainya.

3. Membayar biaya pembuatan SIUP

Setelah Anda mengisi formulir dan melengkapi semua berkas administrasi, selanjutnya harus membayar biaya penerbitan SIUP. Untuk nominalnya, tergantung dari jenis usaha maupun ketentuan wilayah masing-masing.

4. Pengambilan SIUP

Pengambilan SIUP bisa Anda lakukan apabila pihak dari Dinas Perdagangan sudah menghubungi. Biasanya SIUP diterbitkan setelah 2 minggu proses kepengurusan.

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Perlu Membuat SIUP?

Pentingkah pelaku UMKM mengusahakan SIUP? Semua jenis usaha dalam kategori apapun, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah. Maka dari itu, bantuan dari aplikasi BukuWarung akan mempermudah dalam pencatatan laporan keuangan, yang dibutuhkan sebagai salah satu persyaratan penerbitan Surat Izin Usaha Perdagangan.

Besarnya manfaat yang diberikan oleh aplikasi BukuWarung, tidak hanya mampu menambah penghasilan para pengusaha mikro kecil menengah. Namun dapat membantu dalam pengurusan SIUP.