Cerita Dibalik Kesuksesan RSIA Ferina Surabaya

Bayi tabung adalah salah satu prosedur yang biasa dilakukan oleh pasangan yang sulit memiliki anak agar dapat membantu pasangan tersebut hamil. Bayi tabung seringkali menjadi solusi terbaik bagi banyak pasangan yang mengalami gangguan kesuburan hingga sulit untuk mempunyai anak secara normal. Ada beberapa kasus pasangan masih belum kunjung dikaruniai momongan, meskipun mereka telah menikah selama bertahun-tahun. Oleh karena itu prosedur bayi tabung dapat digunakan untuk bisa mengatasi hal tersebut. Untuk proses kehamilan yang dilakukakan dengan metode bayi tabung ini, pembuahan terjadi di luar tubuh dan dilakukan di laboratorium, dan proses tersebut dalam istilah medis disebut dengan in vitro fertilization atau seringkali disingkat dengan IVF.

Sederhananya, bayi tabung dapat dipahami sebagai sebuah proses yang dilakukan oleh pasangan dengan cara menyatukan sel telur serta sperma di luar tubuh. Dan untuk sel telur yang diambil dari sang calon ibu, lalu dibuahi yang setelahnya akan kembali dipindahkan ke dalam rahim wanita tersebut. Dan tujuannya ialah agar wanita tersebut bisa hamil. Kehamilan bayi tabung bisa terjadidiawali dengan pembuahan sel telur dengan sel sperma di luar tubuh, dan terjadi di dalam sebuah tabung yang ada di laboratorium. Lalu, prosedur tersebut juga baru dapat dilakukan jika sang calon ibu telah melakukan banyak cara alternatif lainnya namun tidak kunjung mendapatkan hasil. Lalu apa saja proses bayi tabung itu?

Yang pertama ialah tentu saja pembuahan. Pembahan dalam program bayi tabung dilakukan di dalam laboratorium yang memiliki teknologi tinggi. Kemudian dikawinkanlah sperma serta sel telur, yang selanjutnya perkawinan tersebut dilakukan di dalam sebuah cawan khusus yang isinya medium tertentu. Biasanya, petugas dari laboratorium pada awalnya akan meminta sperma dari calon ayah yang kemudian akan digunakan untuk membuahi. Lalu, dipilihlah sperma terbaik agar proses kehamilan tersebut bisa berjalan dengan lebih lancar. Proses yang kedua ialah, setelah memperoleh sperma yang dibutuhkan, lalu cucilah dan sterilisasikan di laboratorium. Lalu, kegiatan yang ketiga ialah pengambilan sel telur setelah kurang lebih 3-5 hari setelah pengambilan sel telur, kemudian proses pun dilanjutkan dengan inkubasi guna memantau terjadinya pembuahan nyang ormal hingga akhirnya terbentuklah embrio.

Hingga saat ini, sudah cukup banyak rumah sakit yang melayani program bayi tabung dengan harga yang bervariasi. Dan salah satu rumah sakit fertilitas yang terkenal akan kesuksesannya di dunia bayi tabung ialah Ferina Hospital yang berlokasi di Surabaya. RSIA Ferina sendiri adalah sebuah Rumah Sakit yang khusus dibangun untuk melayani para pasien yang memiliki gangguan fertilitas. Rumah sakit ini pada awalnya digagas oleh dr. Aucky Hinting, Ph.D, Sp.And yang telah banyak dikenal akan eksitensinya dalam dunia bayi tabung Hingga saat ini, RSIA Ferina telah sangat sukses dalam mengatasi program bayi tabung, dimana tingkat keberhasilan proses bayi tabung di RSIA Ferina ini telah menyentuh angka 50%. Hal tersebut juga yang membawa banyak pasangan untuk berkunjung ke Rumah Sakit ini untuk berkonsultasi tentang program bayi tabung sebelum memutuskan untuk melakukan prosesnya. Setelah salah satu artis ternama Indonesia mengunjungi RSIA Ferina dan dr. Aucky hinting untuk memulai program bayi tabung, rumah sakit ini pun semakin banyak dikenal.

Tercatat, bahwa tidak ada pasien yang berkunjung hanya berasal dari Indonesia saja, ada cukup banyak pasangan yang asalnya dari negara tetangga hanya untuk melakukan program bayi tabung. Tidak hanya itu saa, dalam setahun bahkan RSIA Ferina telah mengerjakan kurang lebih sekitar 1.000 pembuahan dan sekitar 50% diantaranya juga telah berhasil menjadi embrio hingga kehamilan pun terjadi.Untuk biayanya sendiri, RSIA Ferina mematok harga yang cukup bersaing dengan rumah sakit lain. Untuk RSIA Ferina, harga untuk melakukan proses bayi tabung ialah sekitar 30 sampai 40 juta saja. Kesuksesan dari RSIA Ferina ini tentunya tidaklah instan, berkat seluruh staff dan dokter di rumah sakit tersebut, RSIA Ferina pun bisa menjadi rumah sakit fertilisasi yang sangat sukses dan menjanjikan.