Daftar Backyard Activities For the Kids Tradisional yang Menyenangkan

Ciptakan momen-momen berharga bersama keluarga tercinta, terlebih lagi pada masa tumbuh kembang anak. Memanfaatkan halaman belakang sebagai backyard activities for the kids yang dapat dilakukan bersama seluruh anggota keluarga. Apa sajakah kegiatan menarik dan mudah untuk dilakukan? Berikut ulasannya.

1. Lompat tali

Biasanya sekolah adalah tempat yang dijadikan anak untuk belajar sekaligus bermain, namun di masa sekarang ini tentu tidak memungkinkan. Agar anak tidak bosan saat di rumah backyard activities for the kids dengan bermain lompat tali bisa menjadi solusinya. Permainan tradisional ini tetap menyenangkan walaupun sudah ada sejak zaman dulu.

Cara kerja dalam permainan ini yaitu, orang tua dapat mengambil peran sebagai penjaga atau yang memegang tali dan anak yang akan melompat. Secara bergantian bisa saja dilakukan, hal ini sangat sederhana sebenarnya namun seru, jika dilakukan bersama-sama. Terlebih lagi tidak memerlukan biaya besar seperti permainan modern yang lebih mahal.

2. Kotak Sembilan

Berikutnya permainan yang bisa dilakukan bersama adalah kotak sembilan, hanya dengan menggunakan pecahan genting dan kapur sudah dapat dimainkan. Pertama-tama buat terlebih dahulu skemanya yang berbentuk petak-petak berjumlah sembilan kotak. Jika sudah selesai digambar mulailah permainan.

Ibu dan ayah dapat bergabung dengan menunggu giliran dari pemain pertama, lakukan hingga akhir dimana sudah dapat pemenangnya. Biasanya bagi pemenang akan diberikan sebuah hadiah bintang, dan yang kalah akan mendapatkan hukuman. Agar terasa lebih menyenangkan, untuk hukuman diberikan dengan cara yang unik dan menarik.

3. Bermain Kelereng

Kelereng yang berbentuk seperti bola kecil yang didalamnya terdapat berupa isi seperti kaca merupakan alat bermain yang menyenangkan. Jenis permainan ini dapat dilakukan dimana saja, namun ketika berada dirumah tentu bisa menjadi alternatif bermain di halaman. Tidak perlu jauh-jauh keluar taman hanya untuk memainkannya, sehingga kegiatan anak bisa lebih terpantau.

Lebih baik lagi jika orang tua bisa bergabung bersama, sehingga akan lebih seru jika hal tersebut dilakukan oleh banyak orang. Ajak semua anggota keluarga untuk bermain. Akan lebih asik jika dalam kegiatan tersebut disertai dengan candaan. Gunakan waktu luang yang ada untuk melakukan kegiatan positif dan menyenangkan bagi anak.

4. Petak Umpet

Mempunyai halaman belakang yang luas? Jadikan sebagai sarana untuk backyard activities for the kids yang menyenangkan. Salah satu yang bisa dicoba adalah permainan petak umpet, dimana nanti akan ada satu orang penjaga dan yang lainnya bersembunyi. Termasuk ke dalam daftar permainan yang tidak pernah ketinggalan, meskipun sudah sering kali dilakukan.

Selain itu dengan melakukannya bersama anggota keluarga yang berada dirumah dapat meningkatkan kekompakkan dan juga kepedulian anak. Secara tidak langsung pembelajaran akan problem solving terdapat di dalamnya. Jadi, tidak hanya semata-mata menyenangkan namun juga mempunyai nilai edukasi.

5. Gasing

Terakhir, jenis permainan melegenda yang sering dimainkan oleh sejumlah anak laki-laki ini sudah terdapat dalam versi modern. Saat pandemi seperti sekarang permaina yang biasanya dilakukan di sekolah ataupun taman, sekarang bisa dilakukan di halaman belakang rumah. Sebelum memulai untuk bermain, sebaiknya orang tua terlebih dahulu memastikan kebersihannya.

Ciptakan lingkungan bermain yang nyaman dan juga bersih untuk anak, sehingga kegiatan tersebut bernilai positif. Selalu awasi dan lihat permainan yang sedang dilakukannya. Jika terdapat hal-hal berbahaya seperti lebah atau serangga, pastikan untuk menghalau serta membasminya.

Nah, itulah daftar permainan backyard activities for the kids yang bisa dikerjakan saat masa pandemi sekarang ini. Buatlah berbagai kreativitas menarik lainnya yang dapat dimainkan bersama anak untuk menghindari kebosanan. Pastikan juga untuk selalu membuat anak nyaman di rumah dengan berbagai kegiatan positif.