Jadwal Pertandingan Futsal Indonesia Banyak Dibatalkan, Pemain Futsal Indonesia Banyak Menganggur

Keadaan wabah Covid 19 sekarang ini benar-benar memengaruhi kehidupan warga dunia. Tidak cuman sektor ekonomi dan sosial, sektor olahraga, terhitung didalamnya futsal juga ikut terimbas. Agenda laga futsal Indonesia juga jadi kacau-balau dan tidak tentu.

Pada keadaan normal, beragam persaingan dalam cabang olahraga futsal cukup teratur diadakan. Dimulai dari jadwal lokal, nasional seumpama Pro Futsal League sampai persaingan internasional seperti AFF Futsal Championship, AFC Futsal Championship dan piala dunia teratur diselenggarakan.

Seterusnya, wabah Covid 19 membuat jadwal futsal di Indonesia atau dunia jadi amburadul. Banyak agenda-jadwal laga yang sudah diperkirakan harus diundur bahkan juga diurungkan.

Lalu, apa ya agenda laga futsal Indonesia yang diundur sampai gagal diadakan karena Covid 19 pada tahun 2021 ini? Berikut daftarnya.

Jadwal Futsal Nasional Terimbas Covid 19

Dikutip dari satuina dalam Line Today, ada banyak jadwal futsal yang direncanakan akan diadakan oleh Liga Futsal Indonesia selama setahun 2021 ini kali. Selainnya jadwal laga teratur, Pro Futsal League, FFI berencana akan melangsungkan dua laga saat liga.

Pertama ada Piala Liga Futsal. Persaingan ini gagasannya akan diadakan sesudah ajang Pro Futsal League usai. Peserta dari Piala Liga Futsal ini nanti sebagai peserta dari Pro Futsal League 2021.

Ketidaksamaan di antara Pro Futsal League dan Piala Liga Futsal ada di pola kompetisinya. Bila Pro Futsal League tahun 2021 ini gagasannya akan diselenggarakan dengan mekanisme persaingan penuh, karena itu Piala Liga Futsal akan diadakan dengan pola laga mekanisme luruh.

Moment ke-2  ialah Piala Presiden yang diperkirakan diadakan untuk team-team futsal propinsi yang disebut team binaan Federasi Futsal Propinsi. Gagasannya, peserta akan ditetapkan dengan batas umur tertentu.

Pola kompetisinya diperkirakan akan serupa dengan persaingan futsal yang sempat diadakan oleh Federasi Futsal Propinsi pada tahun 2017 kemarin.

Semua jadwal itu gagasannya akan diadakan awal bulan februari lalu dengan masih tetap lakukan rekonsilasi dengan kalender futsal internasional.

Tetapi, karena wabah Covid 19, semua agenda laga futsal Indonesia untuk persaingan nasional itu juga belum tentu kapan akan terlaksana karena keadaan wabah juga belum juga teratasi di Indonesia.

Jadwal Futsal Internasional

Di awal tahun ini, tim nasional futsal Indonesia punyai agenda laga yang cukup padat sampai tahun akhir. Tetapi, kembali lagi karena ada wabah, satu-satu agenda itu harus diconteng dari kalender tim nasional futsal Indonesia.

Beberapa jadwal yang semula akan dijalani oleh pasukan Garuda Merah putih di ajang Internasional ialah:

AFC Futsal Championship 2021

Sesudah ditegaskan bisa lolos kwalifikasi untuk ikuti AFC Futsal Championship tahun ini sekalian mendapatkan kesempatan untuk maju ke piala dunia futsal pada tahun ini juga, tim nasional futsal Indonesia harus sedih dengan diurungkannya persaingan futsal paling tinggi di Asia itu.

Sempat diberitakan mundur seringkali, perlombaan futsal Asia itu pada akhirnya diurungkan oleh AFC sebagai pelaksana. Argumen pembatalannya ialah karena masih tingginya angka penebaran Covid 19 di beberapa negara Asia.

AFF Futsal Championship 2021

Jadwal tim nasional futsal Indonesia pada tahun 2021 setelah itu AFF Futsal Championship 2021. Persaingan futsal yang dituruti oleh beberapa negara di Asia Tenggara itu sekalian jadi set kwalifikasi untuk ikuti AFC Futsal Championship pada tahun selanjutnya.

Tetapi, AFC kembali lagi umumkan penangguhan semua set kwalifikasi untuk AFC Futsal Championship 2022 sekalian tunda penyelenggaraan laga itu. Oleh karenanya, sampai sekarang ini tidak bisa ditegaskan apa AFF Futsal Championship 2021 akan diadakan atau mungkin tidak.

Sea Game 2021

Gagasannya, SEA Game 2021 akan diawali di bulan November. Tetapi acara pesta olahraga se-Asia Tenggara ini sudah sah diundur sampai 2022 kelak. Walau diperkirakan begitu, tapi sampai sekarang ini tidak ada agenda.tentu berkaitan penyelenggaraan SEA Game Vietnam itu.

Karena jumlahnya agenda laga futsal Indonesia yang gagal atau diundur, tim nasional futsal juga disetop untuk sebentar. Untuk mendapatkan update informasi lebih lanjut mengenai futsal, sepakbola, hingga esport bisa kunjungi satuina.com