Jangan Terpaku Pada Tawaran Bunga Deposito Tertinggi, Perhatikan Juga Hal-hal Ini Sebelum Investasi Deposito

Dibandingkan dengan tabungan biasa, memang pada dasarnya deposito atau tabungan berjangka menawarkan keuntungan yang lebih tinggi, karena memang nilai suku bunganya lebih besar. Itulah yang membuat sebagian besar orang lebih tertarik untuk menyimpan uang atau modal mereka ke instrumen investasi yang satu ini. Hanya saja masih banyak juga diantara investor yang salah kaprah dalam berinvestasi pada instrumen tersebut, dimana kebanyakan mereka selalu mengutamakan perusahaan yang menawarkan bunga deposito tertinggi.

Memang jika berbicara mengenai keuntungan, tidak dapat dipungkiri jika seandainya keuntungan utama dari investasi yang satu ini tak lain berasal dari bunganya, dimana semakin besar prosentase bunga tersebut, secara otomatis keuntungan yang akan didapatkan nantinya juga jadi semakin tinggi bukan. Namun tak jarang juga beberapa investor yang mengaku dirugikan, karena ternyata setelah menanam modal kesana justru uang modal tersebut sulit untuk dicairkan dari bank atau perusahaan yang bersangkutan.

Jadi penting sekali bagi Anda untuk tidak sekedar melihat dari nilai bunga deposito tertinggi saja, berikut ini diantaranya ada beberapa hal yang juga penting untuk diperhatikan ketika ingin berinvestasi dalam instrumen deposito, yaitu:

  1. Cek jumlah minimal uang yang dapat didepositokan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengetahui nilai minimal uang yang dapat didepositokan, pastikan bahwa tidak terlalu membebani keuangan Anda. Hendaknya Anda juga harus menyesuaikan dengan kemampuan keuangan, misalnya hanya punya uang di bawah 10 juta rupiah, maka carilah deposito yang minimal uang muka adalah di bawah angka tersebut.
  2. Pilih jangka waktu yang sesuai, beberapa orang memilih jangka waktu yang tidak terlalu panjang dengan tujuan di masa mendatang uang tersebut nantinya sudah harus ada digunakan untuk kebutuhan yang lainnya, umumnya jangka waktu deposito ini beragam mulai dari 1 bulan hingga 2 tahun ada, makin lama maka akan semakin banyak bunga yang Anda terima.
  3. Bank yang terpercaya, memilih bank yang Anda gunakan untuk menanam uang deposito ini juga tak kalah penting jika seandainya tak ingin menyesal. Carilah bank yang sudah besar dengan track recordnya sendiri juga baik. Sehingga nantinya tak akan mempersulit proses pencairan uang atau dana Anda.
  4. Cek simulasinya untuk mengetahui jumlah keuntungan yang akan Anda dapatkan, bagian lain yang tak kalah penting adalah dengan menghitung atau mengecek simulasi kreditnya agar tahu kemungkinan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari investasi tersebut, karena setiap bank sendiri menawarkan bunga yang berbeda-beda ada yang memang kecil dan juga besar.
  5. Perhatikan keberadaan biaya lain yang menyertai, selain mendapatkan bunga pada dasarnya Anda juga harus membayarkan sejumlah biaya lain dari investasi tersebut, sebut saja diantaranya adalah pajak, biaya penalti jika seandainya Anda menarik tunai sebelum jatuh tempo dan sejenisnya. Ini juga harus dipertimbangkan agar nantinya Anda tidak sampai menyesal.

Pilihlah yang paling aman hanya dari bank BCA, bunga deposito tertinggi dari bank BCA ini nilainya juga cukup besar dibandingkan bank swasta yang lainnya. banyak yang tidak menyesal telah berinvestasi kesini, karena memang jika dilihat BCA yang  terpercaya dalam mengelola uang nasabah mereka.

Sumber: https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/simpanan/Deposito-Berjangka