Jenis-jenis Laminasi Pada Kertas

Agar hasil cetakan pada cover buku lebih berkualitas dan awet tahan lama, maka dibutuhkan proses laminasi pada tahap akhir. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan melaminasi buku atau dokumen yang dicetak. Jenis-jenis laminasi pun cukup beragam dan bisa memilih sesuai kebutuhan.

Jenis-jenis Laminasi

Jika Anda ingin melaminasi buku yang dicetak di jasa cetak buku, maka penting untuk mengetahui jenis laminasi apa yang tersedia di usaha percetakan tersebut. Selain itu, pertimbangkan untuk memilih yang terbaik agar hasilnya berkualitas. Berikut beberapa di antara jenis laminasi, yaitu:

1. Doff

Laminasi atau pelapisan kertas doff biasa dikenal dengan istilah matte. Dengan menggunakan laminasi ini, maka desain menjadi terlihat kurang mengkilap, tidak licin, dan terasa kesat. Tujuan utama dari laminasi ini adalah untuk melindungi hasil cetakan dari kotoran dan bekas sidik jari.

Jika dibandingkan dengan jenis laminasi lainnya, maka doff bisa dibilang lebih mahal karena kualitasnya bagus untuk melindungi isi buku dan hasil cetakan pada cover. Sayangnya, daya serap tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan glossy, namun tetap terlihat bagus dan jelas.

2. Glossy

Laminasi glossy termasuk salah satu jenis yang paling banyak digunakan. Selain harganya terjangkau, hasil permukaannya juga lebih halus, mengkilap, dan tekstur kertas tidak terlalu terlihat. Selain itu, kertas yang sudah dilaminasi glossy akan tahan dari air.

Sayangnya, laminasi ini memiliki kelemahan karena bekas sidik jari dan kotoran mudah menempel pada kertas yang dicetak.

3. Dull

Dengan menggunakan jenis laminasi dull, kertas akan menjadi sangat halus meskipunn tidak terlalu mengkilap. Bisa dibilang jenis dull mirip dengan kertas matte dan gloss sekaligus.

4. Satin

Laminasi satin hampir mirip dengan lapisan glossy. Hasil cetakan pada kertas yang dilaminasi glossy menjadi tampak lebih tajam, detail, dan cerah. Namun, jika dilihat lebih jelas permukaannya tidak semengkilap seperti laminasi glossy.

Dengan mengetahui jenis-jenis laminasi pada kertas tersebut, maka Anda bisa mempertimbangkan jenis laminasi apa yang paling cocok untuk dokumen yang dicetak. Pastikan cari tahu terlebih dahulu harganya agar tetap sesuai budget.