Mengenal Lebih Jauh Seputar Altcoin Adalah Alternatif untuk Bitcoin

Altcoin adalah alternatif koin, memiliki makna mata uang kripto apapun selain Bitcoin. Jenis mata uang kripto alternatif ini beroperasi di bawah aturannya masing-masing.

Namun, mata uang tersebut juga mempunyai beberapa karakteristik yang serupa dengan Bitcoin. Lebih detail, simak pembahasan berikut ini.

Pemahaman Altcoin

Altcoin adalah kombinasi dari 2 kata “alt” dan “coin”. Altcoin dengan demikian secara etimologis adalah segala alternatif untuk Bitcoin.

Keberhasilan Bitcoin sebagai salah satu mata uang digital peer-to-peer pertama akhirnya membuka jalan bagi Altcoin. Mencoba menargetkan batasan yang sebelumnya dirasakan Bitcoin, Altcoin harus mempunyai kelebihan kompetitif agar sukses mengalahkan Bitcoin.

Banyak Altcoin dibangun menggunakan kerangka dasar yang sudah disediakan oleh Bitcoin. Dengan demikian mayoritas Altcoin merupak peer-to-peer. Altcoin mencoba menawarkan metode yang efisien sekaligus murah untuk dapat melakukan transaksi via Internet.

Jenis Altcoin Berbasis Penambangan

Mempunyai tahap penambangan di mana koin baru dihasilkan dengan cara memecahkan kendala yang menantang guna membuka blokir. Sebagian besar altcoin tingkat teratas pada awal 2020 masuk dalam kategori ini. Ethereum merupakan altcoin yang berbasis pertambangan paling populer pada Februari 2020.

Jenis Altcoin: Stablecoin

Stablecoin berusaha meningkatkan Bitcoin dengan cara mengurangi volatilitas. Lewat praktik sesungguhnya, hal ini dapat dicapai dengan mengikatkan nilai koin dengan mata uang yang ada.

Jenis Altcoin: Token Keamanan

Jenis satu ini terkait bisnis dan kerap diluncurkan dalam penawaran koin awal (ICO). Token keamanan mirip dengan saham tradisional.

Token keamanan sering menjanjikan beberapa tipe dividen. Misalnya, pembayaran maupun kepemilikan dalam bisnis.

Jenis Altcoin: Token Utilitas

Token utilitas memberi klaim pada layanan. Terkadang juga dijual sebagai bagian ICO. Filecoin merupakan salah satu contoh luar biasa dari token utilitas yang ditawarkan ICO. Filecoin didesain untuk mampu ditukar dengan ruang penyimpanan file yang terdesentralisasi.

Keunggulan Altcoin Adalah Apa?

Terdapat ruang untuk evolusi. Masa depan sistem serta tahapan ini terbilang unik, sehingga menawarkan evolusi secara luas.

Fungsi Altcoin unik. Tak seperti Bitcoin, Altcoin dirancang dengan fungsionalitas sehingga mata uang ini tak hanya sekedar token.

Fluktuasi harga lebih rendah dibandingkan Bitcoin. Salah satu keuntungan terbaik berinvestasi di Altcoin yakni, fluktuasi harga umumnya lebih rendah dibanding Bitcoin. Oleh sebab itu, jumlah investasi Anda tak akan banyak terpengaruh.

Altcoin gampang diakses. Perdagangan mata uang jenis kripto ini lebih gampang daripada Bitcoin. Oleh karena itu, persaingan berinvestasi di Altcoin lebih rendah, sehingga Anda bisa dengan mudah berinvestasi aset ini hanya dalam beberapa menit.

Kekurangan Altcoin Adalah Apa?

Pasokan Altcoin berlebih. Terdapat terlalu banyak Altcoin yang beredar di pasar kripto. Hal tersebut membuat Anda jadi lebih sulit mendiversifikasi portofolio sendiri. Apalagi dengan mengandalkan jenis mata uang digital lain.

Altcoin lebih rentan. Mata uang kripto ini tak mempunyai eksposur yang besar daripada Bitcoin. Investor baru tak mau berinvestasi di Altcoin sebav ROI Bitcoin lebih tinggi.

Altcoin tak ada jaminan keamanan bila hilang. Altcoin tak memberikan keamanan apapun bila terjadi kehilangan. Pasar kripto bisa mencuri seluruh uang hasil jerih payah Anda dalam waktu yang singkat. Dengan demikian, keamanan merupakan pertimbangan utama bagi para investor kripto.

Sebelum berinvestasi, perlu diingat kalau nilai kapitalisasi pasar Altcoin lebih rendah dibanding Bitcoin. Dengan demikian, Anda akan memperoleh pengembalian yang lebih rendah daripada para investor yang sudah berinvestasi di Bitcoin.

Definisi lengkap Altcoin adalah apa yang sudah dijelaskan di atas. Semoga lewat penjelasan di atas Anda dapat memahami seluk beluk Altcoin, jenisnya, juga kelebihan dan kekurangannya. Di negara kita, sudah mulai bermunculan produk-produk DeFi.

Perbincangannya di komunitas kripto atau keuangan pun cukup ramai. Nah, apakah Anda ingin mulai melakukan investasi kripto dalam bentuk DeFi? Decentralized Finance adalah tren terbaru di dunia cryptocurrency yang akan memberikan kemudahan tanpa risiko yang besar.

Download Coinomo di Play Store dan App Store untuk mempelajari berbagai macam crypto terbaru sekarang!