Ragam Jenis Tali Tambang, Mana yang Anda Perlukan?

 

Diantara jenis tali yang banyak digunakan dalam berbagai bidang, bisa dikatakan jika tali tambang adalah salah satu jenis tali yang paling banyak digunakan. Ya, tali tambang banyak digunakan dalam beragam jenis industri, mulai dari perkapalan, konstruksi dan lainnya. Sebagaimana penggunaannya yang berbeda-beda, tali tambang pun tersedia dalam beragam jenis.

Adanya beragam jenis tali tambang tentu akan memudahkan Anda untuk memilih mana jenis tali tambang yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Dengan pemilihan yang tepat, tentu nantinya Anda bisa memenuhi kebutuhan dengan maksimal dan yang jelas keamanan yang didapatkan pun juga maksimal.

Lantas, apa saja jenis tali tambang yang tersedia dan bisa dipilih sesuai keinginan tersebut? Simak ulasannya!

Berbagai Jenis Tali Tambang

Sebagaimana disinggung sebelumnya, ada beberapa jenis tali tambang yang tersedia dan memiliki detail yang berbeda-beda. Adapun beberapa jenis tali tambang yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Tali tambang nilon

Jenis tali tambang pertama yang banyak digunakan adalah tali tambang nilon. Seperti namanya, tali tambang ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar serat nilon. Dengan bahan yang digunakan tersebut, tali tambang nilon memiliki karakteristik yang bisa dikatakan cukup kuat. Tidak hanya itu, jenis tali tambang ini juga elastis dan tahan gesekan.

Dalam penggunaannya, tali tambang nilon banyak digunakan dalam berbagai industri, termasuk perkapalan, tambang, otomotif, konstruksi, bongkar muatan dan lainnya. Hal menarik lain dari jenis tali tambang ini adalah adanya daya tahan yang baik terhadap sinar matahari serta beratnya yang cenderung lebih ringan.

  • Tali tambang PE

Tali tambang PE juga menjadi salah satu tali tambang yang banyak digunakan. Jenis tali tambang ini dibuat dengan menggunakan bahan utama sintesis bernama serat polyethylene.

Dikarenakan dibuat dengan serat PE tersebut, tali tambang ini memiliki karakteristik yang cenderung lebih lentur. Selain itu, jenis tali tambang ini juga cenderung lebih tahan terhadap bahan kimia dan juga sinar matahari.

Dalam penggunaannya, tali tambang PE banyak dibutuhkan untuk kebutuhan alat olahraga. Selain itu, tali ini juga digunakan untuk membuat jala.

  • Tali tambang manila

Tali tambang manila terbuat dari serat tumbuhan. Tumbuhan yang sering digunakan adalah sejenis pisang yang ada di Filipina. Dipengaruhi oleh bahannya, jenis tali tambang ini memiliki karakteristik yang cenderung lebih kasar namun memiliki tampilan yang natural.

Nah, jenis tali tambang ini dipilih karena harganya yang terjangkau. Selain itu, tali tambang manila tidak terlalu kaku dan juga tidak mudah pecah.

Beberapa tali tambang di atas adalah jenis tali yang tersedia. Selain jenis tali tambang di atas, masih ada jenis lainnya, semisal tali tambang plastik. Nah, untuk lebih lengkapnya, Anda bisa melihat beragam tali tambang plastikdan tambang lainnya di sini!

Deskripsi: tali tambang tersedia dengan beragam jenis dan karakteristik yang berbeda. Cek bahan yang digunakan untuk membuatnya demi pilihan yang tepat.