Ragam Manfaat Banyak Minum Air Putih yang Harus Anda Tahu

 Tubuh memang terdiri dari cairan, jadi tak heran jika kita dianjurkan untuk minum banyak air. Setidaknya 8 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Manfaat banyak minum air putih ini juga baik untuk kesehatan dan juga kecantikan, karena air putih mengandung banyak vitamin dan juga mineral.

Sayangnya masyarakat masih saja abai akan hal ini dan terus mengkonsumsi minuman manis yang kurang baik bagi tubuh. Khususnya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sebaiknya ketahui lebih dalam tentang manfaat banyak minum air putih ini agar Anda semakin semangat untuk hidup sehat.

1. Mengurangi Risiko Batu Ginjal

Kurang minum air putih bisa membuat Anda terkena risiko penyakit batu ginjal. Dengan minum air putih yang banyak, maka volume urin nantinya akan meningkat. Jika begitu maka konsentrasi mineral yang ada di dalam ginjal akan semakin encer sehingga mencegahnya menggumpal atau mengkristal.

2. Menjadi Pelumas Sendi

Nyeri sendi bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya karena dehidrasi dalam jangka waktu yang sangat panjang. Ini akan menghilangkan kemampuan untuk sendi meredam guncangan.

Tulang rawan yang berada di antara persendian dan juga cakram tulang belakang mengandung sekitar 80% air. Maka dari itu penting bagi Anda untuk selalu minum air sesuai yang dianjurkan oleh medis.

3. Atasi Sembelit

Sembelit bisa terjadi kepada siapa saja, termasuk orang tua dan anak-anak. Salah satu cara yang dapat mencegahnya ialah dengan banyak-banyak minum air putih. Karena kurangnya cairan atau kurangnya konsumsi air putih dapat meningkatkan risiko terkena sembelit yang mana membuat pencernaan jadi tidak nyaman.

Air mineral punya kandungan magnesium dan juga natrium di dalamnya. Nutrisi ini konon mampu meningkatkan adanya konsistensi dan juga frekuensi untuk buang air besar. Sehingga pencernaan jadi lancar kembali dan Anda pun tak perlu merasakan sembelit.

4. Bantu Turunkan Berat Badan

Punya masalah dengan berat badan yang kurang ideal dan merasa tidak nyaman? Tak perlu cemas, Anda hanya perlu menerapkan pola hidup sehat salah satunya dengan cara minum air putih yang banyak. Daripada harus melakukan diet ekstrim nan instan yang membuat tubuh jadi sakit.

Minum air putih sebelum menyantap makanan dapat membuat perut Anda jadi lebih kenyang. Sehingga keinginan untuk makan lebih banyak tidak akan terjadi. Dengan begitu Anda bisa makan secukupnya dan mengurangi berat badan secara bertahap. Namun, dalam prosesnya dituntut kesabaran yang tinggi.

Manfaat banyak minum air putih jarang sekali disadari oleh masyarakat, mereka cenderung memilih minuman yang berwarna dan mengandung pemanis karena lebih menarik. Sulit sekali mengubah kebiasaan seperti ini, tapi hal itu harus dilakukan jika Anda ingin tetap sehat hingga tua nanti.