SEO Audit: Pengertian, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Jika kamu adalah seorang pemilik website, istilah SEO mungkin sudah sering kamu dengar. Ketika melakukan optimasi SEO, tak jarang hasil yang kita dapatkan belum memuaskan. Mungkin salah satu yang harus kamu perbaiki adalah pada bagian SEO audit.

Apa itu SEO Audit dan apa saja tahapan untuk melakukannya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian SEO Audit

SEO audit adalah rangkaian pengecekan SEO yang dilakukan secara mendalam. Pengecekan ini menyangkut performa SEO pada sebuah website, contohnya untuk mengetahui masalah-masalah apa saja yang harus segera diperbaiki untuk meningkatkan performa tersebut. Karena itu, perlu ketelitian dalam melakukan tugas satu ini.

Hasil audit yang kamu dapatkan dari satu website dengan website yang lain biasanya berbeda. Alasannya, karena setiap website memiliki konten dan struktur yang beragam. Sehingga, masalah yang dihadapi dan cara untuk mengoptimasinya juga akan berbeda.

Manfaat SEO audit

SEO audit terkadang luput dari perhatian pemilik website. Padahal, aspek ini sangat penting untuk kamu lakukan bahkan jika websitemu sudah memiliki traffic yang tinggi dan sering muncul dalam SERP untuk keyword-keyword yang kamu targetkan. Apa saja manfaat mengaudit SEO bagi website dan bisnismu?

1. Meningkatkan Konversi Penjualan

SEO audit dapat memberitahumu apa saja yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan performa SEO dari websitemu. Apabila traffic dan ranking meningkat, calon konsumen akan terus berdatangan. Konten yang teroptimasi dengan baik juga berkesempatan untuk mempengaruhi keputusan pengunjung website untuk membeli produkmu.

2. Mencegah Over Optimize

Optimasi SEO memang sangat penting bagi website. Namun, terkadang pemilik website tidak sadar bahwa optimasi yang sudah kamu lakukan berlebihan. Over optimize justru membuat ranking websitemu jadi sulit naik dalam halaman hasil pencarian.

3. Pondasi untuk Melakukan Strategi Marketing yang Lebih Efektif

Kamu tentu ingin mengetahui apa saja yang perlu ditingkatkan dalam websitemu. Melakukan teknik ini akan membuatmu mengetahui hal itu. Selanjutnya, kamu dapat menggunakan informasi tersebut, lalu mencari solusinya dan merancang strategi marketing yang lebih baik lagi.

Cara Melakukan SEO Audit

Setelah mengetahui apa itu SEO audit dan manfaatnya, kamu pasti ingin mengetahui bagaimana tahapan untuk menerapkannya pada websitemu. Berikut ini SEO audit yang bisa kamu lakukan.

1. Optimasi Kecepatan Website

Kebanyakan pengunjung website mengakses halamanmu melalui perangkat mobile seperti smartphone. Karena itu, memiliki web yang mobile-friendly sangatlah penting. Jika websitemu memiliki akses yang lambat, maka ranking website juga bisa turun.

2. Optimasi SEO On-Page

Selain hal-hal teknis seperti kecepatan dan struktur website, mengoptimasi konten website juga sangat penting. Kemampuan untuk memahami elemen-elemen konten SEO seperti meta description, alt, slug dan lain-lain adalah hal yang sangat krusial kamu ketahui sebagai pemilik website.

3. Menganalisa Backlink Website

Pastikanlah bahwa backlink ini kamu dapatkan dari situs-situs yang terpercaya. Asal-asalan dalam membangun backlink justru dapat membuat website kita turun rankingnya, lho. Karena itu, selalu periksa ke mana saja backlink tersebut kamu sebarkan agar website tetap dianggap relevan oleh mesin pencari.

Siap Menerapkan SEO Audit?

Demikianlah penjelasan tentang SEO audit. Mulai dari pengertian, manfaat, hingga cara menerapkannya untuk websitemu. Namun, selain tahapan yang sudah kita bahas tadi, masih ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan dalam SEO audit.

Salah satu perusahaan yang bisa kamu coba untuk mendapatkan layanan dengan biaya jasa SEO terjangkau adalah CV Exito Bali. Sebagai perusahaan Web Development, Jasa SEO, dan Digital Online Marketing terlengkap di Bali, rekomendasi ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Jangan khawatir jika kamu ingin fokus mengembangkan website tanpa harus memakan banyak waktu untuk optimasi SEO. Sekarang, kamu bisa menyerahkan semuanya pada penyedia jasa SEO audit yang handal.