TIPS MUDAH DALAM MELAKUKAN PRESENTASI

Presentasi adalah berbicara di hadapan orang banyak dengan tujuan untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, dan sebagai narasumber atau hal lainnya. Presentasi harus dilakukan dengan baik agar setiap apa yang akan disampaikan dapat dipahami dan menarik perhatian audience. Tujuan presentasi ada bermacam-macam, yaitu dengan cara membagi informasi, menghibur, menyentuh emosi, memotivasi, sampai promosi.

Cara membuat presentasi haruslah  bersungguh-sungguh dan dipersiapkan dengan matang. Tentunya, semua itu harus dipelajari dengan baik dan benar. Terlebih lagi, bagi kamu yang pemula melakukan presentasi di hadapan orang banyak. Tentu akan membuat gugup bagi siapa pun yang belum terbiasa. Umumnya, sebuah presentasi bakal ditentukan oleh kemampuan untuk menyampaikan kepada para audiens. karena biasanya, setiap orang memiliki gaya yang berbeda-beda dalam menyampaikan presentasi tersebut. Ada beberapa tips presentasi yang efektif dan mengesankan untuk para pemula yaitu:

  1. Tunjukkan Pesonamu kepada audiens di hadapan kamu. Meskipun, kamu merasa gugup tetap kamu harus tenang. Jujurlah dengan audiens dan bersikap antusias sehingga audiens akan merespons. Karena hal ini akan membuat kamu lebih semangat dengan materi atau bahan yang sangat menarik saat kamu menyampaikannya.

  2. Kamu harus fokus pada respons audiens dan bereaksi terhadapnya. Usahakan presentasi tersebut memudahkan audiens untuk memahami dan merespon nya. Berikan kesan pertama yang baik kepada para audiens supaya itu untuk memudahkan kamu dalam melakukan presentasi selanjutnya. 

  3. Kamu harus dapat menyampaikan pesan inti (utama) dengan sangat singkat, jelas, dan padat. 

  4. Pembukaan yang menarik, juga harus dibuat sesimpel mungkin agar menarik dan dapat dipahami oleh para audiens.

  5. Saat menyampaikan presentasi sebaiknya kamu bergerak kesana kemari di sekitar audiens dan jangan hanya diam berdiri saja. 

  6. Manfaatkan teknologi, misalnya, gunakan remote atau hal lainnya yang menarik untuk mendukung kebutuhan kamu saat presentasi. Kamu juga bisa memasukkan gambar atau video yang berhubungan dengan tema presentasi. Dengan demikian, audiens akan semakin tertarik dan tidak bosan dengan presentasi kamu.

  7. Kemudian kamu harus bisa menguasai peralatan seperti proyektor, laptop, atau remote karena ini hal sangat mendasar. Ini dimaksudkan supaya kamu tidak gugup ketika tiba-tiba terjadi masalah terhadap peralatan-peralatan yang digunakan.

  8. Melakukan kontak mata dan tersenyum ramah dengan cara arahkan pandangan mata ke semua arah dimana para audiens duduk mendengarkan. Dengan begitu, para audiens akan merasa bahwa kamu juga memperhatikan mereka.

  9. Kamu harus memperhatikan penampilanmu, jika kamu berpenampilan rapi, maka audiens akan merasa dihargai. Karena itu akan meningkatkan rasa percaya diri kamu dan akan memancarkan aura pesonamu. 

  10. Bersikap profesional, dengan cara datang lebih awal sebelum waktu yang telah ditetapkan. Agar kamu sempat mempersiapkan diri terlebih dahulu dan memantapkan diri sebelum tampil. Presentasi pun dapat dimulai sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

 

Jadi tujuan presentasi adalah untuk memotivasi dan menginspirasi audiens agar tujuan penyampaian gagasan itu bisa lebih mudah dimengerti. Dan poin yang paling penting adalah keterampilan dan penampilan kamu saat berbicara di depan. Banyak orang yang menjadi terkenal melalui keterampilannya yang sukses dalam presentasinya.

Sumber: https://genemil.com/