Wajan dan Pisau Cepat Rusak? Ini Cara Merawat Peralatan Dapur yang Tepat

Jual Perabot Dapur & Kitchen Set Murah: Lemari, Meja, Wastafel

Pernahkah Anda merasa pusing dengan masalah membersihkan peralatan dapur? Atau belum tahu cara merawat wajan cast iron agar tidak mudah rusak? Jangan khawatir karena kali ini kami membagikan beberapa tips cara merawat dan merawat peralatan dapur agar awet dan tidak mudah rusak.

Tentunya hal ini bisa Anda terapkan untuk memulai gaya hidup berkelanjutan dalam kaitannya dengan memasak, terutama saat memilih dan merawat peralatan dapur. Tips ini juga bisa Anda terapkan pada peralatan dapur milenial agar tetap Instagramable untuk difoto dan digunakan.

 

  1. Merawat Wajan Cast Iron

Wajan cast iron adalah alat yang paling mahal dalam kategori peralatan masak. Namun, memiliki wajan besi adalah investasi terbaik untuk penggunaan jangka panjang dan serbaguna.

Tentu saja, ini berlaku jika Anda merawat wajan besi dan wajan penggorengan dengan baik. Ini memiliki keuntungan yang sangat besar, karena panci dan wajan besi sangat tahan lama dan bertahan seumur hidup jika Anda merawatnya dengan baik.

  • Cara Mencuci

Disarankan untuk mencuci panci besi dengan spons lembut dan satu sendok teh sabun cuci piring. Hindari mencuci wajan besi cor dan wajan di mesin pencuci piring otomatis.

Jika Anda memiliki noda membandel atau sangat lengket pada permukaan wajan besi, Anda dapat menghilangkannya dengan merebus air di permukaan wajan yang masih bernoda sampai mendidih. Jika cara di atas tidak berhasil, Anda bisa menggunakan scouring compound yang terbuat dari campuran garam dan minyak, terutama di bagian bawah wajan.

  • Cara Mengeringkan

Keringkan panci besi dengan kain segera setelah dibilas. Agar lapisan besi tetap halus, ambil handuk kertas atau tisu, celupkan ke dalam sedikit minyak dan gosokkan ke seluruh permukaan wajan besi.

  • Cara Menyimpan

Panci besi paling baik disimpan digantung. Namun, jika Anda harus menumpuknya, pastikan untuk melakukannya dengan selembar kertas timah di antara setiap panci atau wajan besi untuk melindungi lapisannya.

  • Cara Menggunakannya

Saat memasak dengan wajan, hindari menggunakan peralatan masak logam karena ada risiko menggaruk dan merusak permukaan wajan. Pilih peralatan dapur yang terbuat dari silikon atau kayu.

 

  1. Merawat Pisau Dapur

Pisau dapur merupakan peralatan dapur yang daya tahannya tergantung pada penggunaannya. Menggunakan talenan kayu atau talenan plastik atau kaca membuat perbedaan besar apakah pisau akan cepat tumpul atau tidak.

  • Cara Agar Tetap Tajam

Jika Anda belum bisa secara konsisten menggunakan talenan yang lebih baik dalam menahan ujung pisau, ada cara lain untuk menjaga pisau dapur tetap tajam.

Biasakan mengasah pisau Anda setiap enam bulan. Segera bersihkan pisau Anda dengan air sabun panas.

  • Cara Agar Tidak Berkarat

Keringkan segera setelah dicuci untuk menghindari karat. Hindari meletakkan pisau di mesin pencuci piring atau membiarkannya terlalu lama di wastafel.

Hal-hal ini mendorong karat pada pisau Anda.

  • Cara Menghilangkan Karat

Saat pisau mulai berkarat, cara termudah dan teraman untuk memeranginya adalah dengan mengoleskan setengah lemon di atasnya dan kemudian menggosoknya dengan kain kering.

  • Cara Menyimpan yang Tepat

Penyimpanan yang tepat sangat penting untuk ketahanan pisau. Penumpukan pisau di dalam laci justru menurunkan kualitas pisau.

Merupakan ide bagus untuk berinvestasi dalam penyimpanan balok kayu berkualitas atau rak magnetik untuk penyimpanan pisau. Hal ini sangat membantu untuk melindungi mata pisau agar tidak saling bergesekan yang menjadi penyebab mata pisau mudah rusak dan tumpul.